Si Sadis Burung Kedasih


Sahabat pecinta hewan.
Tahukah anda tentang burung kedasih ?
Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kalikat burung kedasih ?
             Terlepas dari namanya yang begitu manis di dengar, ternyata burung kedasih menyimpan sifat rahasia dan jika sifat tersebut disandangkan kepada manusia tentu segenap manusia akan membencinya.
            Belum lagi mitos yang beredar tentang burung kedasih, dimana sebagian orang pecaya katanya burung kedasih itu pembawa malapetaka. Orang percaya jika ada burung kedasih berkicau dekat rumah itu pertanda akan ada orang yang meninggal dan juga bagi para penggemar burung pun ikut celaka. Katanya apabila burung piaran ikut meniru suara burung kedasih, dipercaya burung tersebut akan mati atau harganya akan anjlok.
Benar-benar mitos yang mengerikan !
                Burung Kedasih ( burung cuckoo ), burung ini tinggal di hutan seperti halnya burung pada umumnya. Burung kedasih mempunyai ukuran sedikit kecil dari burung merpati, bisa dibilang seukuran burung perkutut. Populasi burung ini tergolong sedikit karena saat musim kawin mereka cuma menghasilkan paling banyak 1 keturunan saja untuk masing- masing pasangan. Pada saat musim kawin, burung kedasih hanya memiliki 1-2 buah telur saja. Cara mengeram burung ini tergolong sangat sadis, setelah bertelur mereka akan menitipkan kesarang burung lain, burung prenjak,pleci dll adalah korban dari sifat sadis burung kedasih.
                Burung kedasih akan menaruh telurnya disarang burung lain dengan alasan supaya burung tersebut akan mengerami telurnya. Saat menaruh telur tsb, burung kedasih akan membuang telur burung yang punya sarang dengan demikian burung kecil ini akan senantiasa mengerami telurnya sampai menetas. Tak cukup sampai disitu setelah telurnya menetas, anak burung kedasih akan diberi makan oleh burung kecil ini sampai dewasa layaknya anak sendiri. Setelah burung ini dewasa maka sifat sadis yang diwariskan oleh induknya akan terus berlanjut.
Jadi jangan heran ketika anda melihat seekor burung kecil sedang menyuapi anaknya yang ukuranya 3 kali lebih besar dirinya, karena itu adalah korban dari sifat kesadisan burung kedasih.



Itulah sedikit uraian tentang burung kedasih, yang sudah sempat meluangkan waktu untuk membacanya saya ucapkan terima kasih !

Komentar

Postingan Populer