REPTILIA - PENGELOMPOKAN DAN CARA HIDUPNYA



REPTILIA

 

Jutaan tahun yang lalu, reptilian mendominasi bumi. Beberapa jenis reptilian ( termasuk dinosaurus yang sudah punah, akan tetapi jenis lainnya masih dapat bertahan hidup hingga kini. Tak seperti amfibi, reptilian hidup sepenuhnya didaratan yang kering, dan mereka juga makhluk yang berdarah dingin, sehingga memerlukan kehangatan agar dapat aktif. Kebanyakan reptilian yang hidup di permukaan bumi adalah bertelur.


Reptilian merupakan vertebrata dengan kulit bersisik. Kecuali beberapa diantaranya yang tidak bersisik, dan kebanyakan reptilian diantaranya berkaki empat da nada juga yang tidak mempunyai kaki yaitu ular. Kulit reptilian kuat dan kedap air, dan dapat menolongnya menahan air dalam kondisi yang kering dan panas.
Ada sekitar 6.000 spesies dalam kelas reptilian, mereka terbagi kedalam empat ordo. Berikut jenis – jenis reptilian yang terbagi kedalam 4 ordo sebagai berikut.
-         Squamata ( kadal dan ular ), jumlah spesies yang tersebr diseluruh dunia saat ini mencapai 5.700 spesies.
-         Crocodilian ( buaya ), jumlah spesies yang tersebr diseluruh dunia saat ini mencapai 23 spesies.
-         Rhynococephalia ( tuatara ), jumlah spesies yang tersebr diseluruh dunia saat ini mencapai 2 spesies.
-         Chelonian ( kura – kura, penya dan terrapin ), jumlah spesies yang tersebr diseluruh dunia saat ini mencapai 200 spesies.

Banyak reptilian yang menghasilkan telur yang terbungkus dengan selaput. Reptilian muda menetas sebagai bentuk mini dari induknya. Jadi tidak ada perubahan bentuk yang siknifikan dan spesies reptilian ketika berubah menjadi dewasa.

Buaya


Buaya merupakan reptile yang tergolong kedalam ordo crocodilian primitive meliputi buaya, alligator dan gavial, Semua memiliki rahang sempit . buaya hampir seluruh hidupnya di habiskan di dalam air, mereka dapat bertahan hidup walau sekian banyaknya menghabiskan hidup di air, mereka dapat menutup lubang hidungnya saat menyelam. Meskipun tampak mengerikan ( gigi yang tajam, rahang yang kuat, dan ekot yang kuat ) mereka merupakan induk yang baik untuk anak – anaknya.

Ular



Ular boa, piton dan anaconda merupakan yang makaan utamanya adalah mamalia yang mereka bunuh dengan cara melilitnya. Ular membelit mangsanya dengan tubuh panjang mereka . setelah mangsanya mati, baru mereka akan menelannya dalam keadaan utuh. Setelah mangsanya di telan, biasanya jika mangsanya itu besar maka  mereka akan mencari tempat bersembunyi untuk beristirahat dalam jangka waktu yang lama, bahkan ada yang sampai berminggu – minggu untuk menunggu proses pencernaan makanan yang sudah ditelannya.

Kadal

 
Kadal terbesar didunia adalah kadal pemantau yang dikenal dengan nama komodo. Yang berasal dari pulau komodo Kalimantan, Indonesia.
Komodo dapat tumbuh besar mencapai panjang 3 meter dan berat mencapai 166 kg. hanya kurang dari 5.000 ekor yang masih hidup, mereka juga tinggal di beberapa pulau di Indonesia, salah satunya di pulau komodo, Kalimantan.

Komentar

Postingan Populer