Pengelompokan Hewan berdasarkan bentuk dan cara hidupnya

         Hewan adalah makhluk hidup paling banyak di permukaan bumi, mulai dari hewan berukuran kecil sampai ke yang berukuran besan. Mereka menempati di semua sudut permukaan bumi, mulai dari darat sampai dalam air. mereka juga bisa hidup di berbagai macam cuaca dan iklim.

 

Diantara banyak hewan di bumi ini, para ilmuwan mengelompokkan mereka ke dalam 10 macam diantaranya :

1. Invertebrata sedarhana
2. Moluska dan Echinodermata
3. Arthropoda
4. Serangga
5. Ikan
6. Amfibi
7. Reptilia
8. Burung
9. Mamalia
10. Primata 

1. Invertebrata Sederhana

Hewan tanpa tulang belakang ini dikenal dengan nama invertebrata. Invertebrata menyusun lebih dari 90% semua spesies hewan. Beberapa merupakan makhluk hidup mikroskopik sederhana, yang lainnya lebih besar dan kompleks.

Jenis – jenis invertebrata sederhana
Lebih dari satu juta spesies invertebrate yang dikenal, yang terbagi ke dalam 30 filum (tipe). Berikut adalah dua filum invertebrata sederhana diantara 30 filum yaitu :

Porifera ( spons atau bunga karang ) mempunyai ciri – ciri hewan sederhana yang menyaring makanannya dari air. Jumlah spesies untuk saat ini mencapai 5.000 spesies.


Cnidarian ( anemon laut, koral, ubur – ubur ) memiliki ciri – ciri hewan sederhana dengan benang penyengat. Jumlah spesiesnya mencapai 10.000 spesies.

Contoh Invertebrate sederhana yaitu Ubur - ubur


Ubur – ubur yang bergerak dengan mengerutkan tubuhnya yang berbentuk seperti lonceng. Hewan ini memiliki tentakel – tentakel untuk menarik makanan ke dalam rongga pencernaan yang terletak di bagian tubuhnya.

Cacing Tanah



Cacing tanah memiliki tubuh yang bersegman yang bergerak menggunakan dua jenis otot. Otot tersebut berfungsi mengubah bentuk segmen saat berpindah tempat. Cacing tanah hidup dari bahan organik didalam tanah, mereka juga berjenis kelamin ganda ( hermafrodit ).
Jenis - jenis invertebrata ( cacing )
Tubuh cacing sering terbagi atas segmen -  segmen. Kebanyakan hidup bebas, tetapi bebearapa hidup sebagai parasit. Berikut filum - filum cacing :
1. Annelida ( cacing tanah, lintah ), ciri - cirinya cacing dengan tubuh bersegmen - segmen dengan jumlah spesies mencapai 12.000 spesies.
2. Platyhelminthes ( cacing pipih, cacing pita, cacing hati ), ciri - cirinya cacing dengan tubuh pipih dan sederhana. Jumlah spesies cacing ini mencapai 10.000 spesies.
3. Nematoda ( cacing giling ), ciri - cirinya yaitu cacing dengan tubuh silindris tak besegmen. Jumlah spesiesnya untuk saat ini mencapai 15.000 spesies.

Cacing pita
         Cacing pita merupakan jenis cacing parasit yang hidup didalam usus hewan, seperti babi, kucing, bahkan manusia. Kepalanya memiliki kait dan penghisap untuk mencengkram usus inangnya. Mereka hidup dengan cara menyerap makanan dari saluran pencernaan mangsanya.

2. Moluska dan echinodermata
 

Moluska adalah makhuk hidup bertubuh lunak maka dari itu tubuh moluska biasanya terbungkus dengan cangkang. Fungsi dari cangkang tersebut ialah selain sebagai rumah bagi moluska, berguna juga sebagai tempat berlindung diri dari serangan mangsa. Moluska meliputi gastropoda, seperti keong, bivalvia ( kerang ) dan Cephalopoda ( cumi - cumi ).
Jenis - jenis moluska
Ada lebih dari 50.000 spesies moluska yang terbagi atas tujuh kelas. Berikut 5 kelas dari 7 kelas diatas.
- Bivalvia ( kerang dan jenisnya ), memiliki ciri - ciri cangkang dalam dua bagian yang disatukan oleh engsel. Jumlah spesies untuk saat ini adalah mencapai 8.000 spesies.
- Polyplacopora ( chiton ), ciri - cirinya cangkang tersusun dari beberapa lempeng. Jumlah spesiesnya mencapai 500 spesies.
- Gastropoda ( keong, siput, dan kerabat dekatnya ), memiliki ciri - ciri dengan otot seperti penghisap. Jumlah spesiesnya mencapai 35.000 spesies.
- Scaphopoda ( cangkang gading ), ciri - cirinya moluska dengan cangkan berbentuk tabung seperti gading. Jumlah spesiesnya mencapai 350 spesies.
- Cephalopoda ( gurita, cumi - cumi dan lainnya ), dengan ciri - ciri moluska dengan kepala yang dikelilingi tentakel.
Ada beberap fakta tentang moluska :
* Gastropoda adalah jenis paling beracun didunia adalah jenis spesies Conus yang hidup di samudera pasifik. Tingkat kisaran racung yang dihasilkan jenis ini biasanya dapat membunuh seorang manusia.
* Keong darat terbesar adalah keong darat Afrika raksasa Achatina achatina. Keong ini dapat tumbuh hingga 39 cm ( 15,4 inci ) dari kepala hingga ekornya.
                                                Achatina achatina



Echinodermata


Bintang laut merupakan contoh Echinodermata. Hewan ini memiliki tubuh berduri dengan lima bagian tubuh yang sama, memiliki kaki isap kecil - kecil, dan kerangka internal yang terbentuk dari lempengan keras yang disebut osikula. Bintang laut hidup dilaut. Cara bertahan hidupnya yaitu dengan membuka paksa cangkang spesies bivalvia dan memakan bagian dalam yang lunak.
Echinodermata merupakan kelompok invertebrata laut yang menyolok. Ada 6.500 spesies didunia ini. Berikut jenis - jenis spesies Echinodermata yang terbagi ke dalam 4 kelas dari 6 kelas secara keseluruhan.
- Asteroidea ( bintang laut ), memiliki ciri - ciri mulut di tengah dikelilingi oleh lengan. Jumlah spesies yang tersebar mencapai 1.500 spesies.
- Echinoidea ( landak laut ), memiliki ciri -ciri tubuh dikelilingi oleh cangkang berduri. Jumlah spesiesnya yaitu 1.000 spesies.
- Crinoidea ( bintang mengular ), memiliki ciri - ciri mulut dikelilingi oleh lengan berbulu. Jumlah spesiesnya mencapai 600 spesies.
- Holothuroidea ( timun laut ), memiliki ciri - ciri tubuh seperti cacing dengan tentakel pemakan. Jumlah spesiesnya 1.100 spesies.

Itu adalah sedikit pembahasan tentang pengelompokan hewan yaitu INVERTEBRATA SEDERHANA dan MOLUSKA DAN ECHINODERMATA. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer