Mengenal burung perkutut dan jenisnya



           
Burung perkutut adalah burung asli benua asia, terutama di Indonesia brung ini sangat sering di jumpai baik di hutan atau di daerah pinggiran kota. Habitat asli burung ini adalah hutan yaitu hutan yang tak jauh dari pemukiman dan mereka juga sering kita jumpai dekat pematang sawah. Dengan bentuk yang berukuran kecil dan suara yang khas, burung ini sangat di gemari oleh sebagian masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah.

          Burung perkutut adalah salah satu spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya.

Jauh dari sebelumnya, hewan ini juga tak luput dari simpang siur mitos yang bahwa burung ini bias membawa keberuntungan bagi si pemiliknya dan ada juga yang mengatakan bisa juga mendatangkan kesialan jika burung ini menggerutu atau terbang – terbang tidak jelas di dalam sangkar. Tapi biarpun demikian untuk masa saat sekarang ini masuh banyak juga yang menjadikan burung ini sebagai peliharaan.

          Secara umum burung ini ada tiga jenis yang tersebar di seluruh Indonesia. Yaitu Perkutut jawa, Perkutut Bangkok dan Perkutut Maugeus.

1.     Perkutut Jawa


Perkutut jawa adalah jenis perkutut yang ada di pulau jawa, Serta termasuk jenis burung pemakan serangga ataupun pemakan biji bijian. Lalu untuk kelebihan dari burung perkutut Jawa ini teramat penting sekali untuk masyarakat dari para pecinta burung kicauan yang khususnya ada pada daerah kepulauan Jawa. Sebab selain memiliki khualitas suara yang terdengar merdu dan juga unik.
Karakteristik burung Perkutut Jawa sendiri punya ukuran panjang tubuh yang tergolong kecil. Sebab memiliki panjang tubuh hanya sekitar 21 Centimeter saja serta memiliki bentuk tubuh yang ramping. Dan juga punya ekor yang panjang dengan warna pada bagian kepala burung Perkutut Jawa abu abu, kemudian untuk bagian Leher serta pada bagian sisinya mempunya garis yang halus. Dan pada bagian punggungnya berwarna coklat serta tepian yang berwarna hitam.
Kemudian untuk ciri Burung Perkutut Jawa jantan punya warna Kehitaman dengan ujung putih di bagian bulu sisi paling luar dari Ekornya.Dan pada bagian iris serta paruh berwarna abu abu biru dan pada bagian Kaki punya warna merah jambu tua. Oleh sebab itu apabila diamati secara keseluruhan burung Perkutut Jawa ini memiliki bentuk serta warna tubuh yang unik.

2. Perkutut Bangkok


Sesuai dengan namanya perkutut Bangkok, perkutut ini berasal dari negeri gajah putih yaitu Bangkok, Thailand. Perbedaan mencolok antara burung perkutut Bangkok dan burung perkurut biasa adalah burung ini memiliki suara besar dan ngebass.

3. Burung Perkutut Maungeus



Jenis burung perkutut ini termasuk jenis burung perkutut belang yang asalnya dari Sumba, Sumbawa serta berasal dari Pulau Timor. Burung perkutut ini juga sering disebut burung perkutut sumba karna burung perkutut ini juga berasal dari daerah Sumbawa. Dan yang membedakan perkutut ini dengan perkutut yang lain adalah pada tubuh bagian bawahnya punya garis melintang serta kulit pada sekitar mata yang memiliki warna kuning.

Komentar

Postingan Populer