BURUNG KUTILANG SI BURUNG PEMIKAT

Sahabat pecinta hewan
Siapa yang tak suka ketika melihat burung yang satu ini. Terlebih bagi para pecinta hewan, dengan suara khasnya burung ini banyak diburu oleh penggemar burung. Asal muasal penyebutan nama kutilang adalah ketika burung ini berkicau sesekali terdengar suara ke-ti-lang, dari itu penggunaan nama ketilang dipredikatkan untuk binatang ini.
Kutilang atau burung kutilang, burung ini tergolong jenis burung pengicau ( suku pycnonotidae ). Burung kutilang mempunyai ukuran 20 cm ( diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor .
Burung ini berwarna abu-abu, sisi bawah bagian dada berwarna putih keabu-abuan, dan bagian kepala berwarna hitam.
Habitatnya : 
Burung kutilang cenderung tinggal di daerah terbuka ( kebun, semak-semak, pinggiran sawah, dll ), sesekali burung ini juga sering dijumpai di pinggiran jalan.
Burung ini masih tergolong kerabat dekat burung terocok.
Makanan : 
Makanan burung kutilang tergolong mudah didapatkan, meliputi buah-buahan ( seperti pisang, pepaya dll ) dan binatang-binatang kecil ( seperti semut, ulat dll )
Musim kawin : 
Musim kawin burung ini tercatat sepanjang tahun kecuali bulan november. Dimana puncaknya pada bulan April sampai September.
Burung ini membuat sarang dari ranting-ranting kecil yang dibuat berbentuk bulat. Jumlah telur yang dihasilkan saat musim kawin 1-3 butir saja dengan warna putih berbintik-bintik dengan masa pengeraman kurang lebih 2 minggu.
Itulah sedikit tentang burung Kutilang, jika ada yang salah tinggalkan komentarnya di bawah :-)

Komentar

Postingan Populer