Apa Definisi dari Alam ?



 Sahabat Nusantara kali ini kita akan membahas sedikit tentang edukasi yang tentunya berhubungan dengan alam yang kita cintai ini. Berikut sedikit atau rangkuman dari berbagai sumber tentang Alam. Dengan harapan kepada pembaca semoga dapat mengambil ilmu dari hasil postingan ini.
Alam adalah salah satu dari sejuta planet di Jagat Raya yang di tempati makhluk hidup di sebut planet  Bumi. Dari 9 planet yang di sudah kita ketahui, hanya bumi yang mampu menampung sebagai tempat hunian bagi segala makhluk hidup. 




Alam (dalam artian luas memiliki makna yang setara dengan dunia alam, dunia fisik, atau dunia materi) mengacu kepada fenomena dunia fisik dan juga kehidupan secara umum. Skala alam terbentang dari  Sub atomik sampai Kosmik . Studi tentang alam adalah bagian besar dari ilmu pengetahuan. Meskipun manusia adalah bagian dari alam, kegiatan manusia sering dipahami sebagai kategori terpisah dari fenomena alam lainnya.
Bagi sebagian besar ilmuwan membagi ke dalam 5 dunia : Dunia hewan, tumbuhan, jamur, dan dua dunia lainnya yaitu Monera dan Protista.
Monera dan Prolista mencakup makhluk hidup bersel tunggal (uniseluler), seperti bakteri dan ganggang. Hewan, tumbuhan dan sebagian besar jamur merupakan organisme bersel banyak (multiseluler).

Ciri – ciri makhluk hidup :
1. Mampu menggunakan energy
2. Mampu mengambil bahan – bahan mentah
3. Mampu mengeluarkan zat sisa
4. Mampu memberikan tanggapan terhadap dunia luar
5. Mampu bereprodukasi
6. Mampu tumbuh dan berkembang


Manusia adalah makhluk paling sempurna diantara makhluk-makhluk yang lain. Yang membedakan manusia dan makhluk yang lain adalah Akal, karena dengan adanya akal manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang benar. 

1. Hewan


Dunia hewan meliputi makhluk – makhluk sederhana seperti spons, dan mamalia yang kompleks seperti singa dan manusia. Hewan tidak dapat memproduksi makanannya seperti tumbuhan : hewan harus mencari makan untuk bertahan hidup mulai dari mengambil dari potensi sekitar sampai memburu seperti singa,macan dan hewan – hewan buas lainnya. Dunia hewan adalah dunia yang paling luas, karena mereka dapat hidup dan menghuni di berbagai tempat, baik di darat, udara dan air. Diantara hewan – hewan lainnya, serangga adalah salah satu hewan yang paling dominan di dunia ini. Serangga adalah spesies paling banyak di bumi. Serangga mampu bertahan hidup di semua habitat kecuali meraka tidak mampu hidup dilaut.

2. Tumbuhan


Sama halnya seperti binatang atau hewan, tumbuhan juga sangat sukses hidup di alam. Mereka dapat hidup di air dan di darat. Pada dasarnya tumbuhan pertama tumbuh dalam air dan kemudia beradaptasi dengan daratan. Kemampuan memproduksi makanan sendiri, hamper semua jenis tumbuhan mempunyai kemampuan menggunakan sinar matahari atau fotosintesis untuk mengubah bahan sederhana menjadi makanan.

3. Jamur dan Lumut Kerak


Jamur dan lumut kerak sebelumnya dikelompokkan kedalam dunia tumbuhan. Sekarang, setelah banyak diketahui cara hidupnya, jamur dan lumut kerak dipisahkan dari dunia tumbuhan kedunia sendiri yaitu dunia jamur. Siklus cara hidup jamur yaitu mereka menyerap unsur-unsur hara yang terdapat dari bahan organic mati seperti rumput yang sudah mati, batang pohon yang sudah lapuk dan lain – lain.

4. Monera 

         Dunia monera itu meliputi makhluk hidup yang paling sederhana, seperti bakteri. Jumlah spesies monera yang hidup mencakupi paling sedikit 4000 spesies.

5. Protista


       Dunia Protista lebih bervariasi , Protista ini mencakup ganggang sederhana dan protozoa ( organisme menyerupai hewan, contoh amuba ). Lebih banyak dari spesies monera, protista beranggotakan paling sdikit 50.000 spesies.

Komentar

Postingan Populer